Tuesday, October 26, 2010

DON'T BE GREEDY!

Ada seorang karyawan yang tinggal di sebuah kota. Suatu hari setan datang kepadanya dan menawarkan 7 bejana berisi emas. Karyawan ini menerima tawaran setan dan setan memberikan kepadanya 7 bejana berisi emas tersebut. Karyawan ini amat bahagia. Ia melihat bejana pertama berisi penuh dengan emas; bejana kedua juga berisi penuh dengan emas; begitu pula dengan bejana-bajana selanjutnya. Tiba pada saat ia memeriksa bejana ketujuh, ia kecewa karena dalam bejana itu hanya terisi setengah.

Ia bertanya kepada setan, "Hei, mengapa di bejana ketujuh hanya terisi setengah sedangkan yang lainnya penuh?" Setan menjawab, "Kau harus mengisi sendiri setengahnya lagi, aku sudah memberikan semuanya itu untukmu. Apa sulitnya kau mengisi setengah lagi?" Karyawan inipun meng-iyakan perkataan setan dan mulai bekerja keras untuk mengisi bejana ketujuh tersebut.

Setiap hari ia bekerja dengangiat dan penghasilan yang ia dapatkan ia masukkan ke dalam bejana yang berisi setengah tersebut. Setiap hari ia mengisi, ia bingung karena isi bejana tersebut tidak bertambah sedikitpun. Iapun bekerja semakin keras, bahkan ia rela tidak membeli makanan demi mengisi bejana tersebut. Tetap saja bejana itutidak betambah isinya. Ia rela untuk berhenti memberikan persembahan dan sedekah kepada orang-orang miskin di sekitarnya. Ia juga membiarkan anak dan istrinya tidak makan demi mengisi bejana tersebut. Sampai pada suatuhari, ia benar-benar ingin mengisi bejana tersebut, ia menjual semua harta dan rumahnya demi mengisi bejana tersebut, tetapi bejana ketujuh itu tidak kunjung penuh.

Istrinya yang sudah muak melihatnya pergi meninggalkan dia bersama dengan anaknya dan tinggal di rumah ibunya. Sampai pada suatu hari, ia benar-benar tidak punya apa-apa, seseorang melihatnya tampak sangat pucat, kurus, dan sedang terbaring lemah di pinggir jalan. Ia bertanya kepada kepada karyawan tersebut mengapa ia bisa seperti itu. Karyawan itu menjelaskan semuanya kepada orang itu. Ternyata orang ini adalah seseorang yang juga pernah mengalami hal yang sama dengan orang itu. Ia juga pernah berusaha untuk memenuhi bejana ketujuh tersebut dan tidak berhasil. Ia menjelaskan bagaimana keadaannya benar-benar parah, bahkan melebihi karyawan teresbut.

Karyawan ini bingung karena ia melihat bahwa orang ini berpakaian bagus dan sukses. Lalu ia bertanya, "Sepertinya kau menjadi sukses sekarang, apa yang kau lakukan? Apakah kau tetap mengisi bejana ketujuh tersebut?" Orang ini menjawab, "Tidak, aku tidak mengisi bejana tersebut lagi. Akhirnya aku sadar bahwa aku telah ditipu oleh setan. Di saat aku sudah tidak berdaya, bahkan di ambang kematian, seseorang berkata kepadaku saat tidur, "Mengapa kau menyusahkan dirimu untuk mengisi bejana itu? Apakah kau tidak puas dengan kehidupanmu yang dulu dimana Aku menyediakan semuanya untukmu?" Lalu aku sadar bahwa itu adalah Tuhan. Dan saat aku bangun, aku mengingat-ingat bagaimana kehidupanku sebelum aku menerima dan berusaha untuk mengisi bejana-bejana itu dan aku menyadari bahwa hidupku selalu berkecukupan dan bahagia.

Akhirnya terbukalah mata karyawan tersebut dan ia berhenti mengisi bejana-bejana tersebut dan memulai hidup baru. Ia mengembalikan ketujuh bejana tersebut kepada setan, katanya dengan tegas, "Aku tidak mau lagi memberikan apa yang kudapat kepadamu!" Lalu ia pergi meninggalkan setan.

Selepas itu, ia memulai hidupnya yang baru, anak dan istrinya ia panggil dan ia meminta maaf sebesar-besarnya karena ia telah melupakan mereka. Pada akhirnya ia kembali memiliki rumah dan harta. Ia kembali memberikan persembahan dan sedekah kepada orang-orang yang memerlukan. Bahkan, hartanya bertambah saat ia memberikan lebih dan hidupnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

1 Timotius 6:10 => Karena akar dari segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

So, don't be greedy, guys!! Dan semoga sharingnya memberkati.. :)

JLnBU all!! ^^

No comments:

Post a Comment